Halaman

Jumat, 23 November 2012

Pakai Knalpot Racing, Enak Panjang Atau Pendek Ya?



OTOMOTIFNET - Knalpot merupakan komponen terakhir yang berperan dalam proses pembakaran, kerjanya sebagai penyalur aliran gas buang. Makanya setelah mengoprek bagian lain, jika ingin hasilnya maksimal peranti mesti disentuh.

“Dengan pembuangan lancar maka tenaga yang dihasilkan makin maksimal,” terang Ibnu Sambodo, tuner dari Manual Tech, Solo. Tak heran berdasarkan hasil tes pakai dynamometer, hanya ganti knalpot tanpa setting bisa menaikkan tenaga sampai 15%.

Apa bisa lebih dari itu? Bisa saja, “Jika ingin maksimal, perlu setting ulang suplai bahan bakar, minimal naikkan angka spuyer sesuai permintaan mesin,” tambahnya. 

Kembali ke topik, kelancaran aliran gas buang bisa disumbang dari desain maupun ukurannya. Makin minim tekukan tentu hambatan berkurang, begitu juga jika ukuran pipa yang besar.


“Namun juga jangan terlalu plong, back pressure tetap diperlukan agar tenaga ngisi sampai putaran atas. Knalpot dengan tekanan balik minim tenaga maupun torsinya turun jauh,” lanjut mekanik yang kini menangani tim Kawasaki di Motoprix dan Indoprix.

Masih menurut mekanik biasa disapa Pakde, panjang knalpot juga berpengaruh pada karakter tenaga. Makin panjang maka nafas mesin juga kian panjang, cocok untuk trek lurus-lurus. Begitu pula sebaliknya, makin pendek maka tenaga puncak ada di putaran rendah, cocok untuk jalanan perkotaan yang macet.

Nah bagaimana dengan bahan? Saat ini di pasaran ada berbagai bahan yang digunakan, di antaranya galvanis, stainless steel, aluminium, karbon sampai titanium.

“Kami pilih galvanis karena kekuatan dan kelenturannya teruji, lalu harganya terjangkau,” papar Bagus Ardian, marketing AHRS. Kelemahannya tentu masalah daya tahan, karena galvanis rawan terserang karat. Mencegahnya, cat mesti sering dikontrol.

Bagaimana dengan stainless steel yang lazim digunakan untuk leher knalpot? “Kelebihannya, bahan ini tak punya gaya tarik logam, sehingga sisa pembakaran tak bakal menempel ke dinding knalpot, makanya meski bertahun-tahun knalpot tetap bersih, sehingga performa stabil,” papar Dodo Zulianto dari Dodo Racing.

Kelebihan lain tentu tak akan berkarat dan bahan ini ringan. Sedang kelemahannya di sektor harga cukup mahal, karena bahannya sendiri mahal, ditambah memerlukan las khusus. 

Sedang aluminium kebanyakan digunakan hanya untuk silencer. Bahan ini ringan dan tak berkarat. Sedang harga masih di bawah stainless steel.

What about carbon? Digunakan untuk bahan silencer. “Yang pasti ringan dan karena sebagai isolator, maka kendati motor habis dipakai, silencer tak panas,” terang Tomi Bramudia dari bengkel Ngayun Speed di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar

Gimana titanium? Termasuk bahan eksotis, makanya knalpot lokal belum ada yang menggunakan, karena harga akan jadi sangat mahal. Contoh merek Nassert Beet full system titanium asal Jepang untuk Kawasaki Ninja 250R dibanderol mencapai Rp 13,5 juta. 

“Sangat ringan dan las-lasannya rapi, performa juga mantap,” lanjut Tomi. Satu lagi kelebihan titanium, warna knalpot akan berubah-ubah seiring tingkat panas.

Namun sayang, saat ini pemakaian knalpot aftermarket mendapat ganjalan dari Undang-Undang No.22 tahun 2009, di mana tingkat kebisingan dibatasi. Sehingga mau tak mau produsen knalpot mesti berpikir ulang bagaimana tenaga tetap maksimal, tapi tak bising.

Salah satu yang marak adalah penambahan db killer, yang berfungsi untuk mengurangi kebisingan. Namun berdasarkan tes yang pernah dilakukan, pemasangan alat ini akan menurunkan performa, tentu saja karena gas buang tak lancar lagi.

Cara lain seperti ditempuh Daytona, dengan membesarkan silencer, sehingga volume meningkat, glasswool yang bisa masuk pun makin banyak. Sehingga suara bisa diredam, menariknya glasswool yang digunakan sangat tahan lama. “Bisa tahan 4 tahun,” jamin Nita dari Daytona cabang Ciledug.

Cara lain ditempuh AHRS, produsen knalpot terbesar. “Kami riset berulang-ulang sampai dapat kebisingan di bawah 100 db, tepatnya maksimal 98 db, angka ini masih aman dan nyaman di telinga,” tutup Bagus Ardian.

Ayo dipilih!
Daftar Merek & Harga Knalpot
3D1
Skutik Stainlees Steel450 ribu
skutik krom250 ribu
Skutik Galvanis170 ribu
Skutik standar racing300 ribu
Bebek stainlees steel450-500 ribu
Bebek Krom200 ribu
Bebek Galvanis150-250 ribu
Sport stainles steel700 ribu
Sport kroom450 ribu
Kawasaki Ninja2-3juta
3DI: 0818674449
CLD
Skutik525 ribu - 1,2 juta
Bebek550 ribu - 1 juta
Sport500 ribu - 3,2 juta
Dodo Racing: 021-73456555
R9
Skutik650 ribu - 1 juta
Bebek575 - 900 ribu
Sport900 ribu - 3,8 juta
Dragon MS: 021-72798854
Dominant
Skutik525 ribu
Bebek525 - 550 ribu
Sport600 ribu - 1,5 juta
Dragon MS: 021-72798854
Daytona
All Type875 ribu - 1,25 juta
Daytona: 021-73446333
HRP
4 Tak200 ribu - 1,45 juta
2 Tak250 ribu
HRP: 0274-450467
Two Brothers
Sport Alumunium3,2 - 5,8 juta
Sport Karbon6,8 - 8,2 juta
Sport Titanium7,2 - 8,2 juta
Sport Stainlees steel6 - 7,5 juta
Nyayun Speed: 0818737101
Nassert Beet
Ninja 250 Titanium13,5 juta
Nyayun Speed: 0818737101
Password
Skutik hitam450 ribu
skutik krom550 ribu
Password: 0811-241326
Kawahara
Skutik700 - 750 ribu
Bebek1,1 juta
Jp Racing: 021-74713827
Pico
Skutik500 ribu
Bebek750 ribu
Sport900 ribu
R59: 021-933339259

Efek Samping Knalpot Racing untuk Motor

Knalpot RacingSekarang ini, semakin sering kita menjumpai motor yang diganti knalpot dengan knalpot racing atau knalpot blombongan. Sebenarnya apa efek samping knalpot racing untuk motor atau mesin, apakah knalpot racing aman untuk mesin? Apakah benar dengan memasang knalpot racing maka sepeda motor akan bisa melaju lebih kencang?

Sebenarnya pengaruh knalpot racing terhadap mesin motor hampir tidak ada, dengan mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing sepertinya akan membuat motor lebih kencang atau lebih perkasa, dan pengendara juga lebih percaya diri karena suara yang dihasilkan dari knalpot racing lebih kencang.

Efek atau dampak positif dari knalpot racing untuk motor 2 tak maupun 4 tak hampir tidak ada. Kalau dikatakan motor akan lebih kencang dengan knalpot racing itu mungkin karena setelan karburator serta modif lainnya. Kalau secara umum, efek samping yang postif ya lebih percaya diri karena suara motor lebih sangar dan makin semangat memelintir gas, jadinya benar kalau dikatakan lebih kencang, karena ngegasnya lebih semangat.

Kalau dampak negatif atau efek buruk knalpot racing bagi mesin juga tidak ada, baik blah, saluran buang, klep dan lain-lain tidak akan terpengaruh oleh knalpot racing. Mungkin efek yang terasa adalah getaran yang lebih besar sehingga suara yang dihasilkan juga lebih kasar.

Yang jelas, kalau lewat di perkampungan main gas dengan knalpot racing bisa ditimpukin warga karena suaranya sangat berisik.

Dar,Der,Dor Knalpot Nembak


Motor teranyar yang sering lalu lalang di depan kita tak semuanya bersuara sama.banyak kejadian juga yang sering timbul .Suara Dar-Der-Dor sering kita sebut gejala knalpot nembak.Suara ini sering membuat resah para pengguna jalan maupun para masyarakat sekitar,mari kita telusuri penyebabnya:

 1.Sering disebabkan setelan angin karburator yang kurang tepat,tapi dari kemungkina setelan angin adalah sedikit.sekedar letupan yang tak terlalu keras
2.Jika suara letupan kerasa sekali dan terjadi dalam tempo sesekali DORRRRRR waktu deselerasi(lepas gas) yang bisa bikin jantungan ,penyebabnya adalah katup AIS(Air Induction System)pada motor Yamaha.  

a.fungsi dari AIS ini adalah mensuplai udara kelubang buang (knalpot).supaya gas buang tak terlalu pekat.Sehingga lulus uji emisi ketika dari pabrik.

 b.Sering terjadi kebocoran diantara perpak AIS(lihat huruf B) ini jadi banyak yang sering menutup saluran ini dengan baut ataupun lem besi.Karena sedikit bocor saja maka letupan bisa terjadi.

AIS


 "TETEP SEHAT TETEP SEMANGAT BIAR BISA POSTING LAGI, POKOE MAKNYUS"

Tips Mengetahui Timing Buka Tutup Noken Yang Tepat


gir timing noken
gir timing noken as
Kita sering mengotak-atik motor sendiri bahkan kita juga bongkar pasang mesin sendiri,membersihkan silinder head sendiri tapi kadang terjadi kendala ketika motor kita sudah korekan dan sulit untuk dikembalikan kekeadaan semula dan berjalan sesuai motor lainya.

Timing buka tutup noken bisa diartikan waktu diaman noken as bekerja mendorong rocker arm(pelatuk) membuka dan menutup sesuai dengan timing pengapian pada waktu pembakaran terjadi. Noken as dalam buka maupun tutupnya membutuhkan ketelitian durasi dan derajat buka tutup yang tepat karena 1 derajat dalam noken as sudah sangat mempengaruhi. Begitu juga timing pengapian contoh sederhana jika pick up pulser digeser 1 derajat ataupun sejauh 1mm maka akan terjadi trouble pada pembakaranya.

Bagaimana mengetahui bahwa timing buka tutup noken sudah benar?
1. Posisikan dalam keadaan TMA posisi piton berada diatas dan kedua klep menutup.
2. Starter motor dan dengarkan suara motor itu.
3. Jika motor hidup dengan suara mbrebet diputaran rendah dan diputaran tinggi tertahan maka timing pengapian terlalu mundur. Geser maju satu gigi gir noken as
4. Jika motor hidup diputaran mesin rendah atau idle bisa lancar tapi diputaran atas seperti telat bensin atau tak bisa teriak maka timing terlalu maju. Geser mundur satu gigi gir noken as.

pick up pulser
Pick up pulser
noken as jupiter
noken as jupiter



Untuk noken buatan seperti noken as jupiter biasanya meleset karena mengandalkan baut dari depan saja beda dengan grand,karisma yang menggunakan baut pengikat gir nken berjumlah 2.

Tips Mudah Perawatan Piston



aliran oliPiston merupakan jantung dari sepeda motor yang harus selalu mampu memampatkan bahan bahan yang ada  dalam ruang silinder tanpa ada kebocoran kompresi. Letak piston yang ada didalam ruang bakar kadang menyulitkan kita untuk merawat beda dengan merawat ban luar sepeda motor. Merawat piston dari cara kita             
menggunakan motor pun juga bisa. Caranya adalah :

1.Piston yang butuh pelumas dan aliran pelumas yang bagus dimaksudkan untuk memperingan kerja piston itu sendiri. Pelumas yang bagus dan aliran pelumas yang baik akan membuat umur piston lebih lama karena piston tak mendapat panas yang berlebihan. Lebih bagus lagi piston dibuatkan jalur oli di badan piston seperti piston milik Honda Karisma.
2.Penggantian pelumas secara berkala memang faktor utama,apalagi untuk motor yang sudah berumur dan banyak bram(kotoran hasil gesekan mesin) harus lebih sering mengganti oli. Tidak harus oli yang mahal tapi cukup oli yang sesuai kebutuhan mu.
oktan bensin3.Jangan asal copot-pasang knalpot walaupun itu terlihat tidak apa-apa sebenarnya berpengaruh terhadap piston. Seperti halnya jika kita disuruh hidup didaerah dingin kemudian selang beberapa lama kita tinggal didaerah yang panas tubuh kita pun akan lebih mudah loyo. Apalagi untuk knalpot free flow yang mempunyai pipa knalpot lebih pendek membuat panas yang keluar dari mesin lebih sulit. Berbeda dengan knalpot bawaan pabrik lebih panjang daya serap panas nya bagus dan cepat membung panas.
filter udara4.Untuk motor yang sudah dioprek seharusnya pakai piston racing tapi jika memakai piston standart dengan kompresi yang tinggi dimungkinkan piston akan seumur jagung. Jadi patoklah kompresi sedang untuk piston standart.untuk maksimal kompresi yang digunakan 11:1.
5.Gunakan oktan bensin yang lebih tinggi. Motor ditahun ini lebih mengunggulkan ramah lingkungan dan kompresi juga dinaikkan. Rata-rata kompresi yang digunakan mesin kecil 10,5:1 jadi akan lebih baik memakai bensin beroktan 94 atau setara dengan pertamax. Karena untuk premium ada kandungan timbel yang tidak bagus untuk piston disamping tidak ramah lingkungan jika timbel ikut terbakar maka akan terkjadi kerak di atap piton.
6.Perhatikan filter udara atau kalau untuk lebih bagusnya pasang saja filter udaranya jika ingin lebih sehat dan awet baca juga karbu dengan atau tanpa filter udara 

Setelah membaca sedikit tentang postingan diatas sudah tahu bukan mana yang harus kalian lakukan. Jadi tetap lah menjadi biker yang cinta pada motornya.

Tips Mengatasi Karburator Ngempos



mesin mbrebetSepeda motor sering digunakan dan sering juga para pengendaranya tak menghiraukan kesehatan karburator.Ada juga rider yang maen jalan aja pas motor masih sehat,dan tak menghiraukan perawatan yang seharusnya rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali.

Ketika motor diajak lari tiba" ngokkk alias ngempos dan kebanyakan rider sering menyalahkan motornya ,tapi tak berpikir padahal motor yang sering dipakai juga tak ada perawatan.Nah sekarang baru ketahuan siapa yang harus disalahkan.

tapi disini saya punya tips pintar untuk para rider agar bisa melakukan P3K(pertolongan pertama pada karburator).hehehehe bagus kan singkatanya?Masalah ini biasanya timbul secara tiba,jika motor berlari di RPM tinggi dan kemudian mbrebet dan mesin tak mau teriak pada putaran tinggi seperti suara bensin mau habis(hanya bisa stasioner saja)maka langkah" yang harus dilakukan adalah:

-buka karet filter atau copot dan putar kesamping,hingga mulut karburator terlihat .
-tutup mulut karburator dengan tangan tapi tidak terlalu rapat.
-dan starter atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.
-kemudian nyalakan mesin .dan pelintir gas secara langsam.
-jika masih terasa tersendat tutup mulut karburator dalam keadaan mesin masih hidup.
-dengan cara tutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah)
-sekarang coba pelintir lagi gas secara langsam.jika mbrebet sudah hilang dipastikan jeroan karbu mulai kotor.

Biasanya itu terjadi pada motor keluaran baru,dan sering pula saya menemuinya.jika mbrebet pun belum hilang ya mau tidak mau harus bongkar karburator dan bersihkan deh.

Tips korek noken as sesuai kebutuhan



Memilih noken as mungkin harus dipertimbangkan sesuai kebutuhan kita. Noken as merupakan paru-paru dari sepeda motor untuk menyesuaikan nafas sepeda motor. Jadi jika kamu berkeinginan untuk merubah atau ingin memodif noken as mu ada baiknya kamu pikirkan apa saja positif negatifnya untuk motor mu juga untuk keseharianmu.

noken as harianSeperti kita tahu korek noken as sangat signifikan sekali untuk meningkatkan performa motor. Apalagi untuk motor drag yang keseharianya cuma buat jaln 200 meter saja. Tapi apakah motor kita cukup berjalan 200 meter saja? Tidak bukan. Sekarang banyak beredar noken as racing buatan TDR , Kawahara ,TDH dll. Itu mungkin salah satu noken as yang bisa langsung plug in atau bisa langsung dipasang tanpa mengubah atau menggeser pengapian sepeda motor.
noken as harian
Sekarang banyak tuner yang mulai ahli dalam memapas,membuat lift noken (angkatan noken as) lebih tinggi. Jadi rata-rata rider lebih suka korek noken sendiri daripada beli produk racing noken as disamping harganya mahal juga tidak terlalu signifikan karena disetting untuk harian. Tapi beda dengan korek noken sendiri lift noken dan durasi noken ditentukan oleh keinginan sendiri. Tapi apakah cocok untuk semua tipe kendaraan , ketika kamu memilih model noken gemuk atau kurus , galak di RPM rendah atau tinggi, lift noken tinggi atau rendah patut dipertimbangkan.

noken as harianSebagai contoh Honda Supra 100 cc dan Supra x 125cc dari kedua motor tersebut jika sama-sama menggunakan noken gemuk maka supra 125 lah yang lebih bagus karena cc lebih besar tapi jika diaplikasikan ke supra 100cc lebih buruk karena motor ber cc kecil membutuhkan torsi besar karena stroke(langkah piston pendek)lebih panjang milik supra 125. Dan alasan lain juga motor yang bercc besar kompresinya pun lebih padat jadi noken as gemuk lebih cocok , untuk motor bercc kecil menggunakan noken as kurus mungkin torsi dan lift klep lebih dapat. Karena motor ber cc kecil lebih membutuhkan torsi yang besar dan durasi pendek untuk kenyamanan,keawetan motor .

Jadi untuk mendapatkan hasil yang maksimal buat lah noken as mu sesuai kebutuhan jika motormu dibuat memang khusus untuk balapan ya sekalian saja full modif. Semua yang berlebihan itu hasilnya tak akan baik.

Arti Warna Kabel Sepeda Motor Komplit



Arti Warna KabelPada dasarnya arti warna kabel itu untuk mempermudah pengecekan ketika terjadi kesalahan maupun konslet dibagian kelistrikan. Banyak orang awam yang belum tahu persis rangkaian kelistrikanya padahal sampai salah rangkaian bisa juga konsleting dan kabel terbakar. Nah daripada bingug saya punya sedikit gambaran tentang Arti warna kabel sepeda motor.






Honda
-Merah : Terminal positif aki(+).
-Hijau : Terminal Negatif aki(+).
-Hitam : Arus Output yang keluar dari  positif aki (biasanya dari kunci kontak).
-Biru : Lampu Jarak jauh.
-Putih : Lampu Jarak Dekat .
-Kuning : Arus beban ke saklar lampu/output dari regulator.
-Merah Hitam : Arus spull CDI menuju CDI.
-Abu abu : Arus keluar Flasher menuju saklar diholder kiri.
-Hitam Putih : Kunci kontak.
-Hitam Kuning : Arus yang masuk ke koil.
-Biru Kuning : Arus pulser CDI menuju CDI.
-Hijau Kuning : Output lampu rem menuju lampu rem.
-Coklat : Lampu Kota.
-Biru Laut : Sein/reting kanan .
-Orange : Sein/reting kiri.

Yamaha
-Merah : Arus beban positif aki(+).
-Hitam : massa untuk semua negatif.
-Hijau : Arus penerangan lampu depan/lampu jarak dekat.
-Kuning : Lampu jarak jauh.
-Putih Merah : Arus pulser CDI.
-Putih Hijau : (-) pulser CDI "alfa".
-Hijau Hitam : Output menuju lampu rem.
-Hitam Merah : Output Spull ke CDI  "alfa".
-Orange : Input ke koil.
-Coklat : Arus out put yang keluar dari positif aki menuju kontak dan keluar melalui kontak.
-Hijau Tua : Reting/sein kanan.
-Coklat Tua : Reting/sein kiri.

Suzuki
-Hitam Putih : Masa berlaku untuk semua negatif
-Putih Merah : Pengisian dari spull
-Kuning : Lampu jarak jauh.
-Putih : Lampu jarak dekat/input ke saklar lampu.
-Biru laut : Output flasher ke saklar reting.
-Hijau Tua : Arus masuk ke  Klakson .
-Orange : Arus yang keluar dari kunci kontak/out put positif aki ke kontak.
-Merah : Arus positif aki.
-Abu abu : Out put lampu rem.
-Hitam : Sein/reting kiri .
-Hijau Muda :  Sein/reting kanan.

Kawasaki
-Putih Merah : Arus positif aki.
-Hitam Kuning : Massa berlaku untuk semua negatif.
-Merah Hitam : Lampu jarak jauh.
-Merah Kuning : Lampu jarak dekat.
-Merah : Lampu belakang.
-Coklat : Klakson.
-Hijau : Sein/reting kiri.
-Abu abu : Sein/reting kanan.
-Biru Kuning : arus pulser (+).

Untuk arti warna kabel lainya mungkin sudah hafal jadi saya tuliskan yang kira-kira penting saja.

Merubah Kaburator menjadi Injeksi



Merubah injeksi jadi karburator mungkin sudah pernah melihat,tapi mengubah motor berkarburator menjadi injeksi mungkin belum pernah melihatnya. Sebenarnya sekarang banyak tuner yang otaknya tak kalah pintar dengan para pembuat motor jepang sekalipun.Dari Honda CB yang bermesin Honda Tiger ,Honda CB yang bersilinder head Satria-F,Jupiter-mx,bahkan VIixion.Dari contoh tersebut kita sepatutnya bangga terhadap tuner kita sendiri.dan kita sebagai pecinta automotive juga harus mengembangkan apa yang sudah dilakukan oleh para tuner.

Di tahun 2012 ini pun banyak para tuner yang mencoba membuat Honda CB atau Kawasaki Mercy bersilinder V-Twin.atau berkepala silinder 2.Bangga bukan anak negeri bisa  berkembang sejauh itu.Jika kita bandingkan dengan amerika jepang dan negara maju lainya mungkin di sektor ini kita masih kalah karena negara kita mungkin baru negara yang berkembang ,tapi jika kita bandingkan dengan negara seperti Timo Leste dan negara berkembang lainya kita tidak seburuk itu.selagi masih terdaftar sebagai orang indonesia berbanggalah.

Apakah kalian pernah melihat motor berkarburator diubah menjadi motor berinjeksi?jika ia maka kalian orang yang beruntung ,banyak para tuner yang berpikir keras tentang membuat mesin berkarburator menjadi berinjeksi.mungkin karena barang nya yang sulit ditemukan (black market)dan harganya juga selangit.Tuner pun mulai belajar dari sekarang.

Menurut guru tuning saya sebenarnya mudah membuat mesin berkarburator menjadi berinjeksi.yang diperlukan pertama adalah seperangkat injeksi yang komplit dari pengapian ,magnit,spull,cdi,ecu,dan injektor nya itu sendiri.Jadi untuk langkah selanjutnya hanya mencari timing pengapian yang pas karena lubang magnit untuk setiap pabrikan motor itu berbeda,dan stroke pistonya pun beda apa lagi noken as untuk buka tutup nya.

Disini pun saya blum paham betul tentang cara mengubahnya secara signifikan tapi gambaran kecilnya seperti artikel diatas.Tapi juga ada masalah lain yaitu tidak ada orang yang mau merogoh kocek dalam untuk mengubah motornya menjadi motor berinjeksi.

Kelebihan dan Kelemahan CDI AC dan DC

Sudahkah kalian tahu kelebihan dan kelemahan tipe CDI mu sendiri. Dari sekian banyak sepeda motor yang lalu lalang disekitar kita ada yang menggunakan sistem pengapian AC dan ada juga yang menggunakan sistem pengapian DC.Mari kita cari tahu apa kelemahan dan kelebihan CDI AC dan DC.

Apakah kalian tahu AC dan DC?Sebelum kita mengarah ke topik utama patut kita tahu tentang dasarnya dulu.Seperti Arus AC dan DC ini,jika yang sudah mengetahuinya langsung melompat ke paragraf selanjutnya saja.

    1.AC(Alternating Current) 
    Rangkaian Spull
    Spull
     
    Atau bisa disebut arus bolak-balik dimana arus yang dikeluarkan tidak tetap /berubah-ubah besar dan arahnya.Seperti contoh kelistrikan rumah
    2.DC(Direct Current)
    Atau bisa disebut arus searah dimana arus yang dikeluarkan tetap dan tidak berubah-ubah biasanya arus ini sering diapliasikan untuk pengisian dan penyimpnan daya seperti Baterai dan AKI
Jadi sekarang dasar dari arus AC dan DC sudah tahu kan?sekarang mari kita berpindah ketopik CDI AC dan DC.Pada dasarnya semua komponen otak pengapian tiu sama yaitu mampu mengalirkan listrik ke koil agar mampu membakar campuran bahan bakar dan udara secara efisien.

Walaupun sekarang banyak pengembangan tentang CDI tapi semua pengembangan pasti ada kelemahan dan kelebihanya seperti:

A.CDI AC(CDI arus bolak-balik)
@Kelebihan
    -Menggunakan arus yang berasal langsung dari spull CDI.
    -Terdapat spull CDI sendiri untuk mengalirkanya ke CDI.
    -Komponen tak berhubungan dengan sistem pengisian.
    -Kemungkinan rusak dalam jangka lama.
    -Harganya pun lebih murah.
Jenis motor yang menggunakan CDI AC yaitu Honda Grand,Supra,Atrea 800,Legenda,Supra Fit,NSR-SP,Yamaha Alfa,Force 1,RX-S,RX-K,RX-Z,Crypton,Suzuki Tornado GS,GX,Bravo,Crystal,RG-R.Kawasaki Kaze.
@Kelemahan
    -Arus yang tidak tetap atau berubah-ubah membuat mesin bekeja lebih keras.
    -Arus yang keluar tergantung putaran mesin jika putaran mesn rendah pengapianya pun kecil.
    -Sering sekali kawat elmail di spull terbakar karena panas yang berlebihan.
    -Menggunakan kawat elmail kecil yang riskan terbakar berbeda dengan CDI DC
B.CDI DC(CDI arus searah)
 @Kelebihan
    -Menggunakan arus searah yang berasal dari aki.
    -Arus yang keluar diputaran rendah tetap maksimal.
    -Spull jarang mati karena kawat elmail yang lebih besar dari spull cdi walaupun sama kualitasnya.Tapi hambatanya lebih kecil.
Jenis motor yang menggunakan CDI DC yaitu Honda Kirana,Sonic 125,Karisma,Supra 125,Megapro,Gl-Pro Neo tech,Beat,Spacy,CBR,Suzuki Shogun 110,Shogun 125,Smash,Satria F,Titan,Skywave,Skydrive,Raider,Yamaha Vega,Jupiter Z,Vega ZR,Jupiter ZR,Byson,Scorpio Z,Mio,Mio soul,Kawasaki Blitz,Edge,Athlete,Ninja dll


  @Kelemahan
     -Walaupun arus yang dikeluarkan tetap tapi CDI DC sangat sensitif terhadap konsleting karena         berhubungan dengan aki juga.
     -Jika AKI sudah mulai rusak dan tak mampu mengalirkan arus yang lebih dari 11-12 volt berpengaruh terhadap kinerja CDI.
     -Jika aki rusak kemungkinan terbesar CDI pun akan rusak.
     -Walau banyak orang yang beranggapan motor dengan pengapian DC bisa hidup tanpa AKI karena masih ada Regulator maka salah besar.CDI DC membutuhkan arus full DC dari aki sedangkan Arus yang keluar dari regulator untuk pengisian tak seatus persen DC.
     -Rata-rata CDI DC dibanderol dengan harga mahal walau itu merk biasa.

Tachometer RPM Pengaruhi Mesinmu

Di jaman ini memang banyak asesoris buat sepeda motor yang beraneka ragam.Kalau kita datang ke toko variasinya saja mungkin kita akan dihadapkan banyak pilihan yang membuat kita ingin membeli atau memasang variasi yang ada di toko itu untuk dipasang di sepeda motor kita.

Sekarang untuk mudahnya saja dulu velg alumunium dulu mungkin yang terkenal hanya 2 varian dari velg Venom dan Rossi.Tapi sekarang bagaimana,muncul merek baru seperti TDR,Comet,DBS,Takasago,Spies dll.Begitu juga tachometer RPM yang dulu hanya sekedar dengan jarum dan berkembang menggunakan Digital.Tachometer RPM yang sering dipakai di motor bawaaan seperti Satria-F,Mega Pro New,Byson itu merupakan tachometer RPM digital dan tidak mempengaruhi mesin karena sudah di setting oleh bawaan pabrik.

RPM digital
RPM digital
Lalu bagaimana dengan variasi tachometer tambahan untuk motormu? Kita bisa lihat dari kabelnya yang biasanya terdapat 3 kabel yang 2 kabel untuk arus egatif positif dan 1 terakhir input koil atau sering juga bisa dipasangkan dengan kabel pulser.Seperti kita tahu jika suatu arus mengalir melalui satu kabel dan berakhir disatu perangkat maka arus yang sampai akan tetap ,jika terdapat 2 jalur kabel tapi arus tetap sama dan berakhir di 2 tujuan yang berbeda maka arus yang sampai juga akan berkurang.

Masih bingung? Saya umpamakan sebuah keran mengalirkan air dengan menggunakan satu selang dan bermuara di sebuah ember akan lebih cepat terisi dan volume nya juga lebih banyak dibandingkan dengan menggunakan 2 selang yang digunakan untuk mengalirkan di 2 tempat yang berbeda.Jadi menurut saya Tachometer RPM itu menyerap arus yang masuk di koil dan membuat voltase koil lebih rendah atau menurun.Apa kerugian nya ? Busi sepeda motor akan lebih bagus memercikkan bunga apinya jika voltase dari koil itu tinggi.Ada juga motor yang ketika dipasang Tachometer RPM motor tidak bisa teriak di RPM tinggi.

Koil Racing
Koil Racing
Untuk itu jika kalian ingin mendapat kan hsil yang maksimal ada baiknya guakan juga koil Racing agar kinerja mesin lebih stabil.

Cara Kerja Karburator


Banyak orang yang tau karburator adalah alat untuk mencampur bahan bakar+udara tapi tak banyak yang tidak tahu prinsip kerja nya.
Cara kerja karburator seperti prinsip Bernoulli :semakin cepat udara bergerak maka semakin kecil tekanan statisnya(tekanan diam) tapi semakin besar tekanan dinamisnya(tekanan bergerak).Dalam sistem kerjanya kita dapat lihat pedal gas yang ditarik dan membuat katup udara terbuka maka putaran mesin juga akan semakin tinggi ketika katup terbuka penuh.tapi dalam sisi ini katup karburator bukan penentu campuran bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar ,katup ini hanya mengatur udara yang masuk kedalam silinder .udara yang bergerak dalam karburator inilah yang menarik bb masuk kedalam ruang pembakaran.

Cara kerja karburator berdasarkan putaran mesin:
1.Putaran rendah Idle atau
Dalam keadaan piston skep tertutup.udara masuk kedalam karburator melalui lubang masuk pilot jet dan bahan bakar+udara bercampur.Karena tak banyak campuran yang diperlukan ketika putaran rendah aliran campuran bergerak melalui lubang pilot jet (spuyer angin)biasanya terdapat lubang kecil dibelakang skep.

2.Putaran sedang
Piston skep terangkat setengah udara masuk melalui skep campuran bensin masuk kedalam silinder melalui needle jet dan main jet(spuyer bensin) tapi pilot jet juga sedikit iut menyuplai bahan bakar tapi dalam jumlah yang sedikit

3.Putaran acceleracy atau (gas diputar spontan)
Skep naik dalam keadaan cepat dai menutup hingga membuka cmpuran bb+udara masuk melalui main jet dengan cepat dan dalam siklus ini konsumsi bb jadi lebih boros karena suplai bb+udara yang masuk jadi tinggi.

4.Putaran Tinggi
Gas dalam keadaan putaran mesin tinggi dan skep terangkat penuh udara masuk sepenuhnya lewat skep dan suplai gas 100% dari main jet .Untuk stabil diputaran atas dalam waktu yang lama di butuhkan setting min jet dan pilot jet yang tepat agar mesin tak over head ketika digunakan dalam perjalanan jauh.

Ada Perangkat Elektronik Di Karburator

Benda elektronik yang menempel dikarburator menurut orang awam sering disebut dengan sensor,tapi itu adalah pemikiran yang tidak juga begitu salah.bisa kita lihat dari motor Kawasaki Zx 130.

Dilihat dari nama nya saja bila diartikan yaitu sensor posisi tarikan gas,dan dalam arti yang luas:yaitu menyesuaikan bukaan katup karburator dengan sistem pengapian.karena terdapat kabel yang terhubung dengan CDI output maupun input CDI.

Walaupun sudut TPS bisa diubah dan derajat pengapian berubah tapi tak berefek ke mesin,karena pergeseran derajat TPS hanya 1 derajat.Berbeda jika kamu menggeser timing atau magnit yang lebih signifikan.

Apa yang terjadi jika dicopot dan lupa akan posisi semula ?sebenarnya untuk TPS yang ditanamkan di Kawasaki ZX 130 tak perlu kawatir karena walaupun di copot dan pasang kembali tidak masalah.

Perbedaan Karburator PE,PJ,PWK


karburator KEIHIN yang BHINEKA TUNGAL IKA,berbeda beda jenisnya tapi tetep satu pabrikan keihin.kita mulai dari karburator

1.Karburator PE
 atau karbu sejuta umat ,kata banyak orang,dengan harga yang bisa menyesuaikan kantong.karena ersedia KW1,KW2,KW3,TDR,maupun original.
-bebas memilih skep dari ukuran 20-38 mm.
-setelan stationer warna hitam(sudco)
-setelan stationer kuning (NSR SP)
-skep bulat berlapis krom
-performa tarikan bawah dan atas bagus
-pas dikantong alias ekonomis.
-untuk venturi 28 mampu direamer hingga 31 mm
-setting PJ MJ nya mudah
-irit bahan bakar
2.Karburator PJ
 kaburator terbaik untuk motor 2langkah(2tak)
-skep oval danberlapis krom
-ukuran skep lebar mnambah tenaga di Putaran rendah ke Putaran tengah.
-mudah setting basah dan kontrol kecepatan
-spare part pj mj mudah dicari.
-tersedia ukuran venturi 34 mm
-bensin boros walaupun sudah disetting irit sekalipun.
3.Karburator PWK
-performa bagus diputaran bawah keatas
-walaupun sudah disetting ngirit ,karbu ini tetep boros,atau ga bisa ngirit
-skep semi flat bentuk skep (D)dengan lapisan chrome
-spare part mudah dicari
-ada rangkaian quads vent untuk mengurangi tenaga drop saat udara melewati venturi
-cocok untuk moto cross dan road race

jadi tentukan pilihanmu dari sekarang .sesuai kebutuhan