Sepeda motor sering digunakan dan sering juga para pengendaranya tak menghiraukan kesehatan karburator.Ada juga rider yang maen jalan aja pas motor masih sehat,dan tak menghiraukan perawatan yang seharusnya rutin dilakukan setiap beberapa bulan sekali.
Ketika motor diajak lari tiba" ngokkk alias ngempos dan kebanyakan rider sering menyalahkan motornya ,tapi tak berpikir padahal motor yang sering dipakai juga tak ada perawatan.Nah sekarang baru ketahuan siapa yang harus disalahkan.
tapi disini saya punya tips pintar untuk para rider agar bisa melakukan P3K(pertolongan pertama pada karburator).hehehehe bagus kan singkatanya?Masalah ini biasanya timbul secara tiba,jika motor berlari di RPM tinggi dan kemudian mbrebet dan mesin tak mau teriak pada putaran tinggi seperti suara bensin mau habis(hanya bisa stasioner saja)maka langkah" yang harus dilakukan adalah:
-buka karet filter atau copot dan putar kesamping,hingga mulut karburator terlihat .
-tutup mulut karburator dengan tangan tapi tidak terlalu rapat.
-dan starter atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.
-kemudian nyalakan mesin .dan pelintir gas secara langsam.
-jika masih terasa tersendat tutup mulut karburator dalam keadaan mesin masih hidup.
-dengan cara tutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah)
-sekarang coba pelintir lagi gas secara langsam.jika mbrebet sudah hilang dipastikan jeroan karbu mulai kotor.
Biasanya itu terjadi pada motor keluaran baru,dan sering pula saya menemuinya.jika mbrebet pun belum hilang ya mau tidak mau harus bongkar karburator dan bersihkan deh.
Ketika motor diajak lari tiba" ngokkk alias ngempos dan kebanyakan rider sering menyalahkan motornya ,tapi tak berpikir padahal motor yang sering dipakai juga tak ada perawatan.Nah sekarang baru ketahuan siapa yang harus disalahkan.
tapi disini saya punya tips pintar untuk para rider agar bisa melakukan P3K(pertolongan pertama pada karburator).hehehehe bagus kan singkatanya?Masalah ini biasanya timbul secara tiba,jika motor berlari di RPM tinggi dan kemudian mbrebet dan mesin tak mau teriak pada putaran tinggi seperti suara bensin mau habis(hanya bisa stasioner saja)maka langkah" yang harus dilakukan adalah:
-buka karet filter atau copot dan putar kesamping,hingga mulut karburator terlihat .
-tutup mulut karburator dengan tangan tapi tidak terlalu rapat.
-dan starter atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.
-kemudian nyalakan mesin .dan pelintir gas secara langsam.
-jika masih terasa tersendat tutup mulut karburator dalam keadaan mesin masih hidup.
-dengan cara tutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah)
-sekarang coba pelintir lagi gas secara langsam.jika mbrebet sudah hilang dipastikan jeroan karbu mulai kotor.
Biasanya itu terjadi pada motor keluaran baru,dan sering pula saya menemuinya.jika mbrebet pun belum hilang ya mau tidak mau harus bongkar karburator dan bersihkan deh.
Ok TRIms ya gan,infonya sy jd lbh mengerti ttg mengatasi keadaan motor yg ngempos
BalasHapusBoz...
BalasHapus